Cara Mudah Membuat Masker Sendiri Dengan Bahan Murah Meriah

Cara Mudah Membuat Masker Sendiri Dengan Bahan Murah Meriah – Membuat masker sendiri menjadi Solusi terbaik untuk saat ini jika kalian kehabisan dengan masker pada saat hendak membeli di apotik ternyata tidak ada, ataupun ada tapi harganya melambung. Untuk saat ini masker diprioritaskan untuk pasien dan tenaga medis baik itu perawat ataupun dokter. Maka dari itu agar terhindar atau mengurangi rasa kecemasan saat hendak keluar untuk keperluan maka diperlukan yang namanya masker.

Darimana Asal pertama ditemukan virus ini?

Infeksi virus corona ini sering disebut COVID-19 pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara sehingga menyebabkan pemerintah setempat melakukan lockdown sampai waktu yang tidak ditentukan, dan parahnya lagi negera kita terkena imbasnya. Di indonesia sendiri sudah beberapa menjadi wilayah merah atau zona merah dari pemerintah agar teman-teman semua jangan bepergian jika keperluan tidak mendesak untuk menghindari zona-zona yang dianggap waspada untuk dikunjungi.

3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona

Admin paparkan sesuai dengan penjelasan dari situs alodokter bagaimana sih cara kita mengetahui gejala-gejala yang menandakan seseorang terkena virus corona

  1. Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius)
  2. Batuk
  3. Sesak napas

Nah oleh karena itu unutk meminimalisir kejadian yang tidak-tidak maka masker sangat diperlukan untuk teman-teman semua, jika tidak bisa membeli karena kehabisan atau kemahalan maka Masker bisa kalian buat sendiri dengan beberapa catatan yang perlu kalian persiapkan.

Berikut membuat masker wajah dari kain perca

Beberapa hal yang perlu kalian persiapkan terlebih dahulu adalah sebagai berikut :

  1. Gunting
  2. Jarum
  3. Penggaris
  4. Pensil
  5. Benang
  6. Jarum pentul
  7. Kardus atau karton
  • Cuci tangan terlebih dahulu agar terhindar dari hal yang tidak di inginkan dan bersihkan seluruh peralatan dan bahan yang akan digunakan.
  • Buatlah sebuah pola dari kardus atau karton seperti contoh dibawah ini
Membuat masker sendiri dengan kain
sumber : YouTube/Achan’s Diary
  • potong kain perca dan katun sesuai pola yang sudah dibuat. Saat memotong kain perca pastikan ukurannya dilebihkan pada setiap sisi ya teman teman semua, dan pada bagian bawah dan atas dilebihi 0,7 cm, dan samping diberikan lebihan 1,5 cm.
  • lipat kain katun dan kain perca.
  • Jahit pada bagian yang berbentuk V, namun sebelum dijahit tusuk terlebih dahulu dengan jarum pentul agar kain tidak bergeser atau pindah.
  • Jika bagian V sudah dijahit, satukan kain perca (untuk lapisan luar) dan kain katun (untuk lapisan dalam).
  • Tusuk dengan jarum pentul di berbagai sisi agar kain tidak bergeser.
  • kemudian jahit dengan tangan sekeliling kain tersebut menjadi satu bagian. Kalian bebas menggunakan pola jahitan apa saja, yang penting jahitannya kuat dan benar. Namun yang perlu diperhatikan, sisakan bagian samping untuk tidak dijahit.
  • Balik masker yang telah dijahit, setelah itu lipat bagian samping (yang belum dijahit tadi) ke arah tengah, lalu jahit.
bentuk masker dari kain perca
sumber : YouTube/Achan’s Diary
  • dan sekarang kalian akan membuat tali masker, pertama lipatlah bagian samping ke arah tengah, lalu jahit. Lakukan langkah ini untuk bagian samping masker yang satunya.
  • Siapkan dua tali karet dengan panjang 33 cm, untuk panjang tali karet ini menyesuaikan dengan ukuran wajah ya, bisa kalian awang-awang saja.
  • Masukkan tali tersebut dengan bantuan peniti ke dalam lipatan masker di bagian samping, Jika sudah, ikat tali karet agar bisa dipakai dan lakukan langkah ini untuk bagian masker yang satunya lagi.
  • Nah sekarang kalian sudah menyelesaikan pembuatan masker sendiri ya.

Bagaiman sangat mudah buka membuat masker sendiri ala-ala anak rumahan, bisa juga kalian share untuk tetangganya biar banyak yang membuat masker sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *